Bisnis Lancar Saat Ramadhan

Ini Dia 5 Cara Promosi yang akan meningkatkan Customer Retention!

Posted by

Aktivitas promosi dan pemasaran memang mutlak dilakukan agar penjualan produk Anda terus mengalami peningkatan. Kampanye pemasaran ataupun promosi ditujukan untuk menjangkau lebih banyak customer-customer baru yang belum tahu keunggulan produk Anda.

Namun, tahukah Anda? Tidak semua promosi bertujuan untuk menggaet pelanggan baru, tapi ada juga aktivitas pemasaran yang tujuannya untuk membuat customer tetap menggunakan produk Anda. Aktivitas promosi jenis ini disebut dengan customer retention. 

Dengan meningkatkan customer retention, penjualan bukan hanya akan stabil tapi terus meningkat dua kali lipat. Ini terjadi karena Anda tetap melakukan promosi seperti biasa ditambah lagi dengan customer retention. Lantas bagaimana cara melakukan promo yang akan meningkatkan customer retention? Ini Dia 5 Caranya!

Buat Loyalty Program

Seperti namanya, loyalty program merupakan sebuah upaya untuk “mengikat” customer agar selalu menggunakan produk kita. Cara ini menjadi strategi customer retention yang paling sering bisnis lakukan. Menurut riset dari Bond, 79% pelanggan setuju bahwa loyalty program mendorong mereka untuk terus membeli barang dari sebuah brand. Melalui pemberian poin atau reward di tiap transaksi, customer akan kembali lagi dan lagi. 

Eksklusif Program 

Cara customer retention berikutnya adalah eksklusif program yang Anda tujukan bagi customer yang bersedia membayar lebih untuk menikmati keuntungan tertentu. Dengan program eksklusif ini customer akan merasa spesial karena punya keistimewaan tidak seperti pelanggan lainnya.

Program ini biasanya berupa diskon tertentu yang dapat customer nikmati setelah mereka harus belanja minimal 1 juta rupiah. Dengan cara ini, customer tidak akan ragu lagi berbelanja lebih dari satu juta di kemudian hari.

Cara retention marketing lain yang dapat Anda coba adalah menciptakan program eksklusif bagi pelanggan yang setuju membayar lebih untuk menikmati keuntungan tertentu. Dengan program eksklusif tersebut, pelanggan akan merasa senang merasa spesial karena mendapat keuntungan yang berbeda dengan pelanggan lain. Untuk menerapkannya, Anda dapat membuat early access untuk produk terbaru dan hanya pelanggan yang berbelanja di atas nominal tertentu pada suatu bulan yang dapat merasakan nya.

Pertahankan Email Marketing

Sebagai sebuah metode pemasaran, email marketing patut Anda pertahankan. Dengan mengirim email baik berupa newsletter, pengumuman, hingga special offer, mereka akan terus terpapar info tentang berbagai produk, edukasi produk, hingga promo-promo terbaru produk Anda. 

Bahkan, sekedar email berisi ucapan “say hello” akan sangat bermanfaat dalam membangun hubungan dengan customer. Dengan cara ini, customer akan selalu merasa dekat dan merasa Anda perhatikan oleh brand Anda. 

Penghargaan untuk Pelanggan Setia

Sudah sepantasnya Anda memberikan penghargaan pada pelanggan setia. Dari sekian banyak brand pesaing, customer tetap setia menggunakan produk Anda. Oleh karena itu, berikan apresiasi atas kesetiaan mereka. 

Rasa terima kasih bisa Anda tunjukkan melalui kartu ucapan melalui email. Anda juga bisa memberi hadiah berupa diskon spesial, produk gratis, hingga hampers. Selain itu, memberikan “shout-out” di sosial media juga bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk mengapresiasi pelanggan. 

Baca juga : Menuju Cashless Society? Apa Untungnya Bagi Pebisnis?

Promosi meningkatkan Customer Retention

Fokus pada Personalisasi

Customer retention yang satu ini berkaitan dengan konten pesan yang dikirimkan pada customer. Baik pesan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan pelanggan, ataupun pesan berupa email marketing. Fokuslah pada personalisasi, dan jangan berikan pesan template yang robot lakukan. 

Minimal, sapalah nama customer dengan hangat. Penyebutan nama, merupakan apresiasi tinggi atas keberadaan customer. Dengan penghargaan ini, customer akan merasa nyaman dengan produk Anda. 
Itulah berbagai strategi customer retention untuk mempertahankan customer. Untuk menciptakan aktivitas promosi, Anda pun tak perlu pusing, gunakan saja layanan Promotions di Durianpay. Melakukan promosi semudah menjentikkan jari.