Menuju Cashless Society? Apa Untungnya Bagi Pebisnis?

Posted by

Era digital sangat mempengaruhi cara kita beraktivitas, salah satunya bertransaksi. Makin lama transaksi konvensional dengan uang tunai akan berganti menjadi transaksi digital. Pelan tapi pasti kita akan menuju masyarakat tanpa uang tunai atau cashless society. Apa itu cashless society? Cashless society merupakan kondisi dimana masyarakat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai, melainkan dengan pembayaran digital baik transaksi menggunakan kartu, uang elektronik, ataupun dompet digital.

Fenomena cashless society sebenarnya bukanlah hal baru, namun sudah terjadi sejak beberapa tahun silam dan mulai mengalami perkembangan baik secara global maupun nasional. Kehadiran produk uang digital tersebut telah mengubah gaya hidup. Banyak orang yang sudah beralih dari transaksi secara tunai menjadi nontunai. Selain itu, banyaknya promo oleh penyedia layanan digital yang membuat masyarakat senang dan semakin mendukung penggunaan produk uang digital ini.

Baca juga : Satu Integrasi Pembayaran untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Komitmen Pemerintah

Dalam menyikapi kondisi ini, pemerintah mendukung cashless society dengan terbitnya Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia tahun 2014. Berkembangnya penggunaan sistem pembayaran non tunai dinilai wajar mengingat kelebihan yang ditawarkan sistem tersebut. Pembayaran digital ini dipilih oleh masyarakat sudah bukan lagi sekadar karena banyaknya diskon atau potongan harga, tetapi karena sudah menjadi kebutuhan penting. Fenomena ini membuat penggunaan uang tunai menjadi semakin minim. Melalui produk uang digital, transaksi jadi lebih praktis dan mudah. Salah satunya keamanan, sistem pembayaran nontunai dinilai lebih aman jika kita membandingkanya dengan penggunaan uang fisik.

Perkembangan fintech dengan produk uang digital membuat pertumbuhan cashless society terus meningkat. Tentunya, kondisi ini menimbulkan dampak cashless society yang cukup beragam. Lantas, bagaimana dampak cashless society bagi pebisnis? Berikut penjelasannya.

1. Proses transaksi lebih cepat

Dengan menerapkan pembayaran secara nontunai, maka dapat mempercepat proses transaksi karena pelanggan tidak harus mengantri lagi dan hanya perlu melakukan transfer atau scan QR code untuk melakukan pembayaran di toko Anda. Sehingga Anda juga bisa langsung menerima pembayaran tanpa ribet.

2. Transaksi lebih mudah dan aman

Dengan menjadi cashless society, transaksi apapun akan lebih mudah karena Anda tidak perlu repot-repot menghitung uang untuk pembayaran atau kembalian, terutama saat melakukan transaksi nilai besar. Selain itu, transaksi juga lebih aman karena Anda akan terhindar dari peredaran uang palsu atau risiko perampokan yang biasa terjadi pada pembayaran tunai.

3. Riwayat transaksi tercatat dengan baik

Semakin berkembangnya teknologi menjadikan setiap transaksi dapat tercatat secara otomatis dan jelas, baik transaksi menggunakan kartu, uang elektronik, ataupun dompet digital. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencatatan transaksi secara manual dan bisa mengelola keuangan usaha dengan lebih baik.

4. Potensi penjualan meningkat

Tingginya minat masyarakat untuk beralih menjadi cashless society membuat usaha Anda berpeluang untuk menyediakan berbagai ragam metode pembayaran digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

5. Berkontribusi terhadap pendapatan negara

Transaksi yang tercatat dengan baik dapat memudahkan pemerintah untuk mengetahui siapa saja pihak-pihak yang terkena wajib pajak. Artinya, pembayaran pajak yang Anda lakukan atas setiap transaksi ikut berkontribusi dalam mengoptimalkan pendapatan negara.

6. Berpeluang mendapat program promo

Dengan menerapkan transaksi secara nontunai, maka Anda juga berkesempatan mendapat berbagai program promo untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan. 


Pembayaran secara non tunai memang lebih banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi para penggunanya. Sebagai pebisnis, Anda juga harus siap untuk menyediakan pilihan metode pilihan pembayaran digital yang beragam. Tidak perlu pusing, Anda bisa gunakan layanan Durianpay! Transaksi jadi lebih mudah, cepat, dan nyaman.