Jualan Online Di Website atau Marketplace? Ini Perbedaannya!

Posted by

Saat akan memulai berjualan online, Anda mungkin mengalami kebingungan dalam menentukan platform apa yang akan digunakan untuk menjual produk. Sekarang ini sudah banyak orang yang memilih marketplace sebagai platform dalam berbisnis karena kemudahan yang ditawarkan. Namun, tak sedikit juga yang memberikan saran bagi para pebisnis untuk memiliki sebuah website jualan online agar dapat menunjukkan profesionalitas. Lalu, lebih baik mana berjualan online melalui website atau marketplace? Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform. Kita akan membahas pengertiannya terlebih dahulu, apa itu website dan marketplace?

Apa itu Website dan Marketplace?

Secara umum, website merupakan sebuah kumpulan dari halaman yang berisikan informasi dan dapat kita akses menggunakan jaringan internet. Setiap orang di seluruh dunia dapat mengakses website selama mempunyai jaringan internet. Website tergabung dalam domain ataupun subdomain tertentu serta masuk ke dalam lingkup World Wide Web (WWW). Website untuk berjualan online merupakan website yang berguna untuk menjual produk di brand itu sendiri. Sehingga, produk yang Anda jual pun terbatas karena hanya terjual oleh satu penjual saja.

Sedangkan, marketplace merupakan sebuah website online yang digunakan untuk tempat jual beli secara online. Pada dasarnya marketplace mempunyai konsep yang tidak jauh beda dari pasar tradisional. Marketplace dijadikan sebagai tempat untuk para penjual yang ingin menjual produknya secara online. Dilihat dari sisi penjual, marketplace memiliki fungsi sebagai tempat yang praktis serta mudah dalam menjual produk yang dimiliki. Sedangkan dari sisi pembeli, marketplace memiliki fungsi sebagai tempat yang praktis dalam mencari berbagai macam produk yang diinginkan. Baik penjual maupun pembeli, keduanya saling melengkapi.

Setelah mengetahui penjelasan tentang pengertian dari website dan marketplace. Lantas, apa aja kelebihan dan keuntungan dari masing-masing platform tersebut?

Kelebihan Penjualan Online Melalui Website

 1. Memiliki Kontrol Penuh

Dengan mempunyai sebuah website untuk berjualan online, maka Anda memiliki kontrol penuh terhadap platform tersebut. Mulai dari desain, tampilan katalog, navigasi, hingga pengalaman belanja para konsumen. Anda juga bisa mengupdate website secara berkala sesuai dengan promo yang sedang dijalankan. Tentunya, hal ini dapat memungkinkan Anda untuk mendesain pengalaman berbelanja dan pendekatan yang lebih personal bagi konsumen.

2. Lebih Bebas dalam Melakukan Branding

Dengan menggunakan website, Anda dapat membangun brand dengan leluasa sehingga akan lebih efektif. Branding terkait dan melekat dengan value bisnis Anda. Selain itu, branding terkait dengan cara Anda menampilkan citra bisnis Anda melalui domain, pendekatan edukasi dan masih banyak lagi. 

Identitas brand yang kuat, dapat memudahkan Anda “berkomunikasi” dengan target pasar. Apalagi saat ini, sudah banyak jasa pembuatan website e-commerce yang menawarkan desain fleksibel dengan template dasar yang dapat dipersonalisasi serta diintegrasikan dengan channel lainnya. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam membangun awareness.

3. Dapat Mengakses Informasi Konsumen

Dengan menggunakan website, Anda dapat menarik data mengenai perilaku dan kebiasaan berbelanja konsumen. Dengan adanya data-data tersebut, Anda dapat menganalisis strategi mana yang berhasil dan yang tidak, kemudian produk mana yang paling konsumen sukai oleh konsumen dan yang kurang konsumen sukai. Sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis berdasarkan data-data yang valid serta merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk kedepannya.

4. Tidak Bergantung pada Pihak Lain

Dengan mempunyai website untuk berjualan online, Anda tidak bergantung pada platform lain. Bukan hanya dari sisi penjualan saja, namun juga untuk keseluruhan bisnis. Apabila Anda hanya berjualan di marketplace, misalnya, saat marketplace sedang mengalami gangguan maka penjualan Anda tentu akan terpengaruh. Terlebih lagi, metode pembayaran bisnis di marketplace tergantung pada metode yang tersedia oleh marketplace. Sedangkan di website, Anda dapat menentukan sesuai dengan keperluan dan perilaku konsumen.

Kekurangan Penjualan Online Melalui Website

Berjualan Online

1. Membutuhkan Modal

Dalam membuat website, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Mulai dari sewa hosting dan domain per tahun, pemasaran website, hingga biaya untuk maintenance website secara berkala. Biaya tersebut perlu, supaya performa website lebih optimal sehingga pembeli nyaman saat bertransaksi di bisnis online Anda.

2. Harus Aktif Mencari Pasar

Awal membangun website, Anda akan kesulitan dalam mendapatkan traffic. Hal ini wajar, karena dalam membuat website memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dan mempertahankan supaya kredibilitasnya tetap terjaga. Dengan demikian, yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan branding pada website dan melakukan optimasi dengan tepat supaya website buatan Anda dapat bersaing dengan kompetitor sejenis.

Berjualan Online

Kelebihan Penjualan Online Melalui Marketplace

1. Memulainya Lebih Mudah

Berjualan online melalui marketplace, memungkinkan bagi siapa saja untuk dapat memulai bisnis online karena semua sistem dan template sudah tersedia. Dengan menggunakan marketplace, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran untuk registrasi. Setelah itu, Anda dapat memulai dengan mengisi identitas, selanjutnya produk Anda sudah bisa Anda jual.

2. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Selain mudah, berjualan online di marketplace juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan, kamu dapat memulainya secara gratis. Apabila Anda ingin melakukan upgrade penjual, biasanya marketplace mengenakan biaya layanan dan mungkin sekitar 1% per produk. Rata-rata marketplace juga menawarkan harga periklanan yang beragam sehingga dapat Anda sesuaikan dengan budget Anda.

3. Sistem Sudah Ada

Berjualan online melalui marketplace maka Anda tidak perlu repot dalam merancang sistem untuk bisnis Anda. Karena di marketplace sudah tersedia berbagai sarana untuk berjualan. Mulai dari website yang desainnya menarik, alur dalam melakukan transaksi dan masih banyak lagi. Tentunya, hal ini akan membantu Anda yang baru memulai bisnis.

4. Banyak Pilihan Program dan Fitur

Marketplace mempunyai program-program secara berkala yang dapat Anda ikuti seperti promo gratis ongkir, harbolnas, dan banyak lagi. Selain itu, marketplace juga mempunyai fitur-fitur yang dapat membantu meningkatkan penjualan seperti star seller di Shopee atau power merchant di Tokopedia, fitur feeds, ads, dan banyak lagi. Marketplace tentu menerapkan berbagai strategi untuk terus meningkatkan jumlah orang yang berbelanja melalui situs atau aplikasi sehingga Anda tinggal memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia dengan optimal.

Baca Juga : Memaksimalkan Sistem Transaski Non-Tunai Untuk Bisnis Anda

Berjualan Online

Kekurangan Penjualan Online Melalui Marketplace

1. Persaingan Ketat

Hadirnya marketplace sebagai wadah bagi para penjual, memberikan kemudahan untuk membangun relasi melalui komunitas antara penjual dan pembeli. Tentunya, hal ini juga membuat persaingan bisnis di marketplace sangat ketat. Mulai dari persaingan harga, kualitas, hingga kualitas layanan sehingga Anda perlu mengatur strategi yang tepat supaya bisnis Anda tetap berjalan.

2. Margin Keuntungan Terbatas

Di marketplace banyak penjual yang menjual produk serupa dan harus pintar-pintar dalam menentukan harga jualnya. Ini berarti margin keuntungan yang Anda dapatkan sangat terbatas serta sulitnya merubah harga untuk menjadi lebih tinggi lagi.

3. Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Meski segmentasi pasar luas, salah satu tantangan terbesar pada saat berjualan online di marketplace adalah kepercayaan pembeli. Akibat banyaknya kejahatan online yang ada, seperti penipuan, scamming, dan kualitas produk yang buruk, pembeli jadi lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi. Oleh sebab itu, Anda perlu berusaha untuk meyakinkan para pembeli bahwa Anda merupakan penjual bertanggung jawab dengan selalu menjual produk dengan kualitas terbaik dan pastikan testimoni yang baik dari pembeli.

—

Bagaimana? Anda sudah memutuskan untuk menggunakan platform yang mana untuk berjualan online? Baik menggunakan website ataupun marketplace masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya kembali pada kebutuhan bisnis Anda. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan kedua platform tersebut agar penjualan semakin maksimal.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola bisnis online melalui website, maka Anda perlu menggunakan integrasi payment aggregator Durianpay, yang dapat menyediakan solusi yang mudah dan lengkap dalam satu platform.