Jangan Salah Pilih Promo Ramadhan untuk Bisnismu!

Posted by

Ramadhan tak cuma bulan yang penuh berkah & berlimpah pahala, tapi bagi pelanggan, Ramadhan juga penuh berbagai “berkah” promo. Karena memang sudah jadi kebiasaan, setiap Ramadhan pun berbagai brand berlomba-lomba untuk memberikan promo bagi pelanggan setianya. Anda pun boleh memberikan promo Ramadhan bagi pelanggan setia. Lantas, bagaimana caranya? Promo macam apa yang cocok untuk produk Anda? 

Ada Banyak Promo, Mana yang Cocok untuk Toko Anda?

Dalam dunia bisnis, ada berbagai jenis promo yang dapat Anda terapkan. Selain itu, kebanyakan orang menyambut hari besar dengan memberikan atau menggunakan promo. Banyak orang yang menaruh perhatian pada momen tersebut. Jadi, ini merupakan kesempatan emas untuk join the wave, atau masuk ke dalam arus perhatian banyak orang, termasuk pelanggan-pelanggan Anda. 

Setiap produk memiliki kebutuhan promonya masing-masing. Misalnya, promo bebas ongkir, tentu ini tidak cocok untuk Anda yang baru saja mulai membuka toko online Anda sendiri. Biaya yang besar dan kesulitan kontrol jarak adalah beberapa alasan promo ini tidak cocok. Biaya ongkir dapat meningkat drastis saat pelanggan berada di berbagai tempat yang jauh. Hal ini akan meniadakan kesempatan pelanggan lain untuk mendapatkannya. 

Toko di berbagai ecommerce kerap memberikan promo bebas ongkir agar meningkatkan antusiasme belanja para pelanggan. Memang menarik, tapi bagi pedagang online yang memiliki dana terbatas, promo bebas ongkir kurang efektif. Ingat, perusahaan platform e-commerce punya dana yang sangat besar dari investor untuk melakukan kegiatan promo bebas ongkir, jadi Anda tidak harus menerapkannya di toko Anda. Oleh karena itu, saat akan membuat program promo, ketahui dahulu tujuan promo, setelah itu menetapkan jenis promo akan lebih mudah.

Baca juga: Maksimalkan Penjualan Selama Ramadhan

Sebelum Membuat Promo Ramadhan, Pahami Tujuannya

Promosi tidak hanya bertujuan untuk menambah penjualan, namun juga bisa untuk branding, menjaga pelanggan setia, hingga mengedukasi produk. Dana promo juga bermacam-macam, siapkan budget sesuai dengan jenis, tipe, dan tujuan promosimu, ya. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan selama bulan Ramadhan, maka promo yang punya karakteristik masa berlaku yang singkat dan cepat mendatangkan penjualan adalah yang cocok. 

Memilih promo terbaik untuk produk anda bisa menjadi hal yang membingungkan, namun Durianpay hadir sebagai platform terpercaya yang membantu anda memilih promo berdasarkan jenis dan tipenya. Jenis promo yang dapat Anda pilih berdasarkan cara pembayarannya, misalnya promo kartu kredit, promo virtual account, hingga promo untuk e-wallet. Sehingga, promo diberikan pada pengguna salah satu platform atau metode bayar. Tinggal pilih mana metode pembayaran paling ramai. Atau sebaliknya, Anda ingin menaikkan pembayaran dengan e-wallet A, karena di e-wallet tersebut sedang ada diskon. Setelah itu barulah Anda pilih, mau tipe promo diskon ataukah cashback.

Promo Diskon atau Cashback?

Diantara diskon dan cashback, mana yang lebih cocok untuk memenuhi tujuan promo Ramadhan? Mana yang lebih cocok untuk meningkatkan penjualan? Diskon memberikan potongan harga secara langsung, dalam jangka waktu tertentu, sedangkan cashback, tidak dapat diberikan secara langsung, melainkan didapat setelah transaksi dan dapat digunakan pada pembelian selanjutnya. 

Di mata pelanggan yang lebih menarik tentu saja diskon, karena mereka merasa mendapat harga yang lebih mudah dari yang seharusnya. Selain itu, diskon juga menarik pelanggan untuk beli lagi dan lagi. Saat mereka men-scroll etalase toko Anda, tanda diskon akan membuat mereka terhenti, tertarik, kemudian membeli barang tersebut. 

Seperti namanya, promo Ramadhan akan berlangsung bulan Ramadhan saja. Jadi, waktunya terbatas, pembeli pun akan beramai-ramai menggunakan kesempatan promo Ramadhan berupa diskon sebelum bulan berakhir. Artinya, penjualan produk Anda akan terdongkrak secara signifikan.

Untuk promo cashback, Anda dapat terapkan lain waktu. Promo cashback cocok untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Bagaimana tidak? Dengan cashback atau uang kembali yang mereka dapatkan, mereka dapat belanjakan di toko Anda pada pembelian berikutnya. Jadi, secara tidak langsung, Anda menjaga pelanggan agar tetap belanja di toko online Anda. 

Segera buat promo Ramadhan Anda agar penjualan toko online makin meningkat. Pelajari cara membuat promo di Durianpay dengan klik di sini