4 Strategi Saat Ramadhan Untuk Bisnis Anda

Posted by

Ramadhan menjadi bulan spesial bagi banyak orang di Indonesia. Banyak manfaat yang kita dapat dari datangnya bulan ini. Hal ini terjadi karena saat memasuki bulan ramadhan perilaku konsumsi masyarakat cenderung lebih tinggi dari hari biasanya. Perilaku ini muncul hampir pada semua jenis produk seperti makanan, pakaian, bahkan perlengkapan rumah tangga. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuat strategi ramadhan. Strategi sangat penting dalam pemasaran mengingat persaingan yang semakin meningkat, seiring dengan kebutuhan pelanggan yang meningkat.

Berikut lima strategi yang bisa membantu anda meningkatkan penjualan di bulan ramadhan:

1. Sesuaikan jadwal post promosi di media sosial

Media social adalah sarana terbaik untuk melakukan promosi. Setiap media sosial memiliki waktu posting yang berbeda-beda, baik itu di instagram, twitter, facebook, maupun media sosial yang lainnya. Menjadwalkan postingan setiap hari dapat membantu pelanggan untuk lebih mengenal produk-produk Anda.

 Lalu, kapan waktu yang tepat untuk posting di media sosial?

Saat weekdays Anda bisa merencanakan untuk promosi pukul 2 siang. Bagi para pekerja, saat itulah orang-orang kebanyakan akan mengalami  post- lunch slump atau kelelahan setelah setengah hari kerja. Orang-orang akan lebih banyak menggunakan ponselnya untuk menjadikannya hiburan pelepas penat.

Ketika weekend, waktu yang tepat untuk posting di media sosial adalah pukul 9 sampai jam 5 sore. Saat weekend orang-orang cenderung bangun siang dan lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk mengoperasikan ponsel. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini banyak orang lebih memilih menghabiskan waktunya di rumah.

Sedangkan saat bulan ramadhan, strategi waktu yang tepat untuk promosi di media sosial adalah saat sahur hingga pukul 5 dini hari. Dan saat menunggu waktu berbuka puasa, yakni pukul 4 hingga 6 sore. Inilah bedanya campaign biasa dengan campaign ramadhan, timing menjadi kunci.

 2. Layanan pesan antar

Saat Ramadhan kegiatan orang juga akan meningkat khususnya untuk ibadah dan silaturahmi, jadi waktu untuk datang ke toko juga akan berkurang. Makanan jadi salah satu yang paling banyak Masyarakat pesan saat Ramadhan. Layanan pesan antar membantu para pengusaha di bidang kuliner untuk berinovasi dan menjaga kualitas makanan tetap baik saat sampai di tangan pelanggan.

Dilansir dari Google Winning Ramadhan Playbook 2022, terdapat peningkatan pada jumlah pengguna layanan pesan antar. Pada hari kerja, peningkatan yang signifikan terdapat pada pelanggan pesan antar di area yang bukan kota-kota besar. Pada kota-kota besar sendiri, peningkatan layanan pesan antar terjadi saat akhir pekan. Karena peningkatan yang terjadi, akan sangat baik untuk bisnis Anda menyediakan layanan pesan antar. Hal ini didukung dengan banyaknya pilihan jasa yang mendukung bisnis untuk menyediakan layanan pesan antar.

3. Diskon Ramadhan dan Hari Raya

strategi ramadhan

Saat ramadhan, kebutuhan menjadi semakin meningkat. Hal ini menjadi peluang untuk menaikkan penjualan dengan memberikan diskon Ramadhan. Diskon dengan tema Ramadhan akan mendapat lebih banyak perhatian.

Saat ini bentuk diskon bisa Anda buat bermacam-macam. Anda bisa membuat diskon dalam jangka waktu terbatas atau diskon dengan kuota terbatas. Hal ini akan membuat pelanggan semakin cepat menyelesaikan transaksi. Bentuk lain dari diskon yang bisa Anda lakukan adalah cashback. Penggunaan E-Wallet yang semakin meningkat membuat program cashback menjadi daya jual yang menarik. Anda bisa menerima pembayaran dari 5 E-Wallet di Indonesia (OVO, Gopay, ShopeePay, DANA dan LinkAja) sekaligus memberikan promo cashback pada masing-masing E-Wallet dengan Durianpay.

4. Event Gift Card pada pelanggan setia

strategi ramadhan

Gift card adalah kartu yang berisi uang dalam jumlah tertentu yang bisa ditukarkan sebagai alat pembayaran dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. kartu ini dikeluarkan oleh sebuah brand atau perusahaan sebagai pengganti uang saat melakukan transaksi pembelian produk atau jasa. menerapkan ini dapat membantu pelanggan yang bingung memberikan hadiah apa yang ingin diberikan kepada seseorang. Gift card dapat menjadi solusi, karena dapat digunakan sebagai hadiah dengan kemudahan transaksi secara digital dan berbagai keuntungan dari diskon yang ditawarkan.

Dengan adanya gift card pengusaha dapat lebih menghemat biaya iklan dan promosi serta dapat meningkatkan penjualan. Biasanya perusahaan memberikan gift card sebagai apresiasi kepada pelanggan setia sehingga mereka merasa dihargai dan tertarik untuk lebih sering membeli produk Anda. Dengan begitu harpan kedepannya, alasan-alasan ini bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk membantu mengambil keputusan pembelian berikutnya. Hal ini tentunya juga dapat menarik pelanggan baru untuk lebih setia dan percaya kepada toko Anda.

Itulah 4 hal yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan saat Ramadhan. Namun selain itu, kemudahan bertransaksi juga sangat berperan penting bagi bisnis Anda. Keamanan dan kemudahan bertransaksi bisa menjadi alasan transaksi berhasil. Untuk itu kami memperkenalkan Durianpay yang dapat membantu mengoptimalisasi transaksi antara penjual dan pembeli