Syarat dan ketentuan

Terakhir diperbaharui pada 31 Januari 2021


Syarat dan ketentuan umum (SKU) ini adalah kesepakatan antara merchant dan Durianpay dan berlaku untuk penggunaan layanan Durianpay. Merchant harus membaca, menyetujui, dan menerima semua SKU dan Kebijakan Privasi, yang secara jelas ditetapkan di bawah ini sebagai referensi sebelum Merchant menggunakan layanan Durianpay. Durianpay dapat mengubah SKU dan Kebijakan Privasi setiap saat dengan memposting versi revisi di situs kami. Versi yang direvisi akan efektif pada saat kami mempostingnya, dengan demikian, Merchant harus mengunjungi situs Durianpay secara berkala. Merchant sepenuhnya bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi setiap undang-undang, aturan dan peraturan dari yurisdiksi spesifik Merchant yang mungkin berlaku untuk Merchant sehubungan dengan penggunaan layanan Durianpay.

1. Definisi dan Istilah

  1. “Acquirer” adalah bank (-bank) dan/atau lembaga bukan bank yang ditunjuk oleh merchant untuk memproses pembayaran atas setiap transaksi menggunakan kartu yang dilakukan oleh pelanggan.
  2. “Merchant Discount Rate (MDR)” adalah biaya-biaya yang wajib dibayarkan oleh merchant kepada Durianpay maupun partner dari Durianpay, termasuk hal-hal yang terkait layanan namun tidak terbatas pada Payment Channel yang digunakan oleh merchant sesuai dengan kesepakatan.
  3. “Partner Durianpay” adalah bank(-bank) dan/atau lembaga penyedia jasa finansial yang ditunjuk oleh Durianpay untuk memroses transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.
  4. “Payment Channel” adalah cara bayar yang disediakan oleh Durianpay untuk memudahkan pelanggan merchant melakukan transaksi sebagaimana yang sudah disepakati.
  5. “Transaksi” adalah kegiatan pembelian produk yang dilakukan oleh pelanggan melalui situs dan/atau aplikasi merchant.
  6. “Settlement” adalah proses pelimpahan dana atas transaksi khusus layanan Aggregator yang dilakukan oleh Durianpay kepada merchant sesuai waktu yang telah disepakati.
  7. “Akun” adalah akun yang diperoleh setelah merchant melakukan registrasi dan terdaftar sebagai merchant pada Durianpay
  8. “API Key” adalah kunci yang bersifat rahasia yang digunakan oleh merchant untuk melakukan komunikasi antar API
  9. “API” adalah antarmuka aplikasi pemograman
  10. “Dashboard” adalah platform yang berisikan pelaporan dan data analitis yang disediakan oleh Durianpay kepada merchant
  11. “Fraud” adalah suatu tindakan penayalahgunaan oleh pihak ketiga kepada pelanggan merchant yang dilakukan pada aplikasi/situs merchant
  12. “Tingkat Konversi” adalah tingkat keberhasilan satu aksi dari aksi sebelumnya yang menyebabkan pihak terkait untuk memenuhi kriteria sukses(dalam persen)

2. Kewajiban dan tanggung jawab

Kewajiban dan tanggung jawab Durianpay:

  1. Memastikan bahwa sistem Durianpay yang bekerja dan berkomunikasi dengan benar dengan jaringan merchant;
  2. Menangani semua masalah yang muncul yang melibatkan perilaku curang atau kesalahan dalam prosesnya;
  3. Mengizinkan merchant untuk melakukan transaksi melalui platform Durianpay;
  4. Tidak menggunakan atau mengizinkan penggunaan layanan untuk hal yang tidak benar, melanggar hukum atau untuk tujuan penipuan atau menyebabkan pelanggaran atau gangguan kepada seseorang
  5. Mematuhi semua instruksi dan permintaan wajar dari otoritas yang berwenang sehubungan dengan layanan
  6. Menyediakan layanan, penyelidikan pelanggaran dan/atau migrasi ke teknologi yang lebih baru kepada merchant
  7. tnc.obligations.1.g

Kewajiban dan tanggung jawab merchant:

  1. memastikan informasi yang diberikan kepada Durianpay akurat dan lengkap
  2. melakukan upaya-upaya yang wajar untuk memastikan bahwa sistem merchant  bekerja dan berkomunikasi dengan benar dengan jaringan Durianpay
  3. membayar semua biaya layanan sesuai dengan kesepakatan
  4. tidak menggunakan atau mengizinkan penggunaan layanan untuk hal yang tidak benar, kasar, tidak senonoh, cabul, melanggar hukum, tidak sah, memfitnah atau untuk tujuan penipuan atau menyebabkan cedera, pelanggaran atau gangguan pada seseorang, termasuk dengan cara mengirimkan pesan komersial yang tidak diinginkan kepada seseorang
  5. tidak mengganggu bagian apapun dari jaringan Durianpay secara internal.
  6. tidak menggunakan atau mengizinkan penggunaan layanan atau memperkenalkan sesuatu (termasuk virus) sehingga menyebabkan pengoperasian jaringan Durianpay atau kualitas layanannya akan terancam, terganggu atau terputus; atau mengganggu integritas atau keamanan dari setiap telekomunikasi atau jaringan IT atau sistem
  7. mematuhi semua instruksi wajar dan permintaan otoritas yang berwenang sehubungan dengan layanan

3. Keadaan Kahar

a. Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan atas layanan Durianpay, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini apabila hal tersebut terjadi karena keadaan di luar kendali Durianpay  (force majeure), termasuk tapi tidak terbatas pada:


b. Pengguna akan membebaskan Durianpay dari segala tuntutan, jika  Durianpay tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Durianpay, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem transfer atau hal lainnya yang ditetapkan oleh lembaga berwenang.

4. Keluhan dan Cara Hubungi Kami

Jika merchant memiliki pertanyaan atau Anda ingin mendapatkan akses, silahkan mengunjungi website kami https://durianpay.id/contact atau melalui surat elektronik ke alamat support@durianpay.id

5. Informasi Rahasia

  1. Setiap pihak dengan ini menyetujui untuk menjaga informasi rahasia pihak lainnya secara ketat dan melakukan tindakan pencegahan yang pantas untuk melindungi informasi Rahasia tersebut dan tidak membocorkan informasi rahasia atau informasi apapun yang diperolehnya kepada pihak lain
  2. Kecuali telah diatur dalam Perjanjian atau SKU ini, dalam waktu tiga puluh (30) hari kalender setelah penghentian Perjanjian, Pihak penerima harus memusnahkan semua materi yang merupakan informasi rahasia dan/atau kekayaan intelektual dari Pihak myang Mengungkapkan
  3. Untuk menghindari keraguan dan tanpa mengesampingkan ketentuan sebelumnya, masing-masing pihak berhak untuk mengungkapkan keberadaan hubungan antara Durianpay dan merchant yang muncul berdasarkan dokumen ini dan dapat meliputi nama, nama dagang, merek dagang, atau simbol dari pihak lainnya untuk materi publikasinya, tanpa memerlukan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak lainnya.

6. Penghentian layanan

  1. Setiap pihak yang ingin menghentikan layanan harus memberikan surat tertulis terkait dengan penghentian layanan, 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal efektif penghentian layanan yang dikehendaki pihak terkait.
  2. Penhentian layanan, tidak menghapus kewajiban dari setiap pihak sebelum tanggal efektif penghentian layanan
  3. Setiap pihak setuju untuk melakukan settlement terhadap kelebihan/kekurangan pembayaran diantara Merchant dan Durianpay, paling lambat 1 minggu sebelum tanggal efektif penghentian layanan