Ramadhan E-Commerce

3 Tren Penjualan E-Commerce Selama Bulan Ramadhan

Posted by

Kemudahan dalam melakukan jual beli saat ini tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat, utamanya setelah adanya pandemi. Kini, masyarakat tidak perlu khawatir lagi adanya lonjakan kasus Covid-19 saat Ramadhan akibat kerumunan di pusat perbelanjaan. Hampir semua barang saat ini sudah tersedia di e-commerce. Pelanggan dan pedagang bisa dengan tenang dan merasa aman dalam bertransaksi tanpa harus bertatap muka. Ramadhan e-commerce adalah masa depan transaksi. 

Selama ini, kehadiran e-commerce dirasa sangat membantu masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Dilihat dari beberapa tahun terakhir, utamanya saat bulan ramadhan banyak masyarakat yang sudah beralih dari pasar konvensional ke e-commerce. Selain itu, meningkatnya jumlah pedagang saat momen Ramadhan e-commerce juga menandakan bahwa kesiapan masyarakat pada pola belanja online. Tidak heran jika e-commerce terus bertumbuh dari waktu ke waktu.

Hubungan timbal balik yang baik di e-commerce antara pedagang dan pelanggan yang saling menyesuaikan kondisi tentunya memengaruhi sistem perekonomian Indonesia. Apalagi d ibulan suci Ramadhan seperti saat ini. Dimana kondisi pasar dan tingkat permintaan tidak seperti pada bulan-bulan biasanya. Momen Ramadhan e-commerce  ini melahirkan tren yang perlu kita ketahui bersama. Apa saja tren Ramadhan e-commerce? 

Terjadinya Kenaikan Penjualan 

kenaikan penjualan saat ramadhan

Baca Juga: 5 Tips untuk Tingkatkan Penjualan Selama bulan Ramadhan

Seperti yang kita ketahui bersama jumlah permintaan akan kebutuhan rumah tangga pada bulan ramadhan sangat tinggi. Hal ini terjadi karena masyarakat cenderung membeli produk untuk menyambut hari raya. produk-produk yang diminati antara lain fashion, kecantikan, elektronik dan perabotan rumah tangga. Sikap konsumtif ini muncul hampir setiap tahunnya hingga bisa dipastikan e-commerce akan mengalami peningkatan penjualan saat bulan Ramadhan. 

Peningkatan penjualan ini juga terjadi karena dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan acara silaturahmi bersama keluarga, seperti berbuka bersama, sahur bersama, hingga mengirimkan parcel bagi kerabat-kerabatnya. Mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim, sehingga momen bulan ramadhan dan hari raya idul fitri dipastikan akan terjadi transaksi jual beli yang tinggi. 

Program Promo Bertebaran 

perang-diskon

Menjelang dan selama Ramadhan dan Lebaran, hampir semua produk yang kita temukan di e-commerce pasti menyediakan program promo, khususnya promo bertemakan Ramadhan dan Lebaran. Dengan menampilkan berbagai gambar bulan, masjid, serta warna-warna islam sebagai latarnya. Hal ini adalah strategi e-commerce dan pedagang online untuk menggaet banyak pelanggan di tengah kemeriahan Ramadhan. Promo-promo ini tidak akan didapatkan lagi di bulan-bulan lainnya. Hal ini pun kerap disampaikan pada pelanggan agar segera belanja agar tidak ketinggalan program promonya. Dengan demikian, makin banyak pelanggan yang berbelanja di toko Anda.

Layanan Paket Kilat 

Menurut survey yang dilakukan Neuro Sensum Indonesia, e-commerce akan makin mengandalkan layanan pengiriman kilat. Hal ini terjadi karena pada tahun-tahun sebelumnya permintaan akan pengiriman kilat sangat tinggi. Beberapa produk yang membutuhkan layanan pengiriman kilat antara lain makanan segar ataupun produk-produk rumah tangga lainnya. 

Setidaknya saat ini sudah ada beberapa startup yang menghadirkan solusi pengiriman kilat yakni, Tokopedia dengan Tokopedia NOW yang hanya membutuhkan waktu maksimal dua jam pengiriman. Shopee membutuhkan waktu maksimal tiga jam setelah produk diterima kurir melalui program Shopee Express Instant. TaniHub yang membutuhkan waktu pengiriman maksimal satu hari dengan program Tani instan. Sayurbox dengan fitur Sayurkilat yang membutuhkan waktu dua jam setelah pemesanan. Serta beberapa startup lain yang menghadirkan program pengiriman kilat untuk memenuhi permintaan konsumen. 


Itu dia beberapa tren terbaru yang terjadi di e-commerce Indonesia pada bulan ramadhan. Semoga bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri ikut memeriahkan transaksi e-commerce di bulan Ramadhan ini. Lancarkan transaksi selama momen Ramadhan e-commerce dengan platform Durianpay yang memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi.