Penjelasan Lengkap: Apa Itu FinTech?

Posted by

Perkembangan era digital memunculkan banyak produk baru, layanan baru, cara berbisnis yang baru, hingga teknologi baru. Salah satunya keberadaan FinTech (financial technology) yang menjadi pilihan baru dalam bertransaksi. Mulai dari jual beli, bayar tagihan, investasi, asuransi, pengaturan keuangan, serta jasa keuangan lainnya. 

Namun tahukah Anda, sebenarnya produk & layanan keuangan di atas sebenarnya sudah eksis. Lantas, apa bedanya layanan keuangan yang sudah ada dengan yang ditawarkan oleh FinTech? Untuk menjawab pertanyaan ini? Mari kita mulai dengan membahas apa itu FinTech 

Apa itu FinTech? 

FinTech merupakan inovasi pada industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Keberadaan teknologi pada FinTech sangat berguna untuk mempercepat serta menyederhanakan layanan. Kemudahan yang ditawarkan FinTech sangat kompatibel dengan karakter industri digital yang kian berkembang. Pengguna tak perlu datang ke kantor FinTech untuk menggunakan layanan keuangan, cukup unduh aplikasi, registrasi, dan layanan pun dapat digunakan.

Selain itu, FinTech terbukti memperluas lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Contohnya keberadaan aplikasi Gojek yang terintegrasi dengan FinTech e-wallet, Go Pay. Selain memberikan pekerjaan bagi driver, aplikasi Gojek juga mampu mendorong penjualan kuliner kaki lima hingga produk kuliner rumahan. Melalui fitur Go Food, pengguna dapat memesan makanan dengan membayar via Gopay, dan makanan pun diantar oleh driver ojek. Dalam sebuah laporan, aktivitas Gojek seperti di atas terbukti mampu memberikan kontribusi ekonomi hingga Rp 249 triliun

Baca juga : Mengapa Transaction Success Rate (TSR) Penting bagi Bisnis Anda?

Jenis-jenis FinTech

Ada banyak jenis FinTech yang berkembang di Indonesia. FinTech yang hadir ini berusaha memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya masalah keterbatasan akses layanan keuangan. Memang ada apa saja layanan di Indonesia? 

Crowdfunding

Seperti namanya crowdfunding atau penggalangan dana bertujuan untuk mengumpulkan dana sebagai donasi untuk inisiatif dan tujuan sosial tertentu. Salah satu platform populer di bidang ini adalah KitaBisa.com. Beberapa tahun yang lalu platform ini menginisiasi penggalangan dana untuk membangun pesawat R80 yang didesain oleh insinyur kebanggaan kita BJ Habibie. 

Microfinancing

FinTech jenis ini membantu menyelesaikan keterbatasan akses keuangan, khususnya yang masyarakat ekonomi menengah ke bawah alami. Pengguna yang tidak mendapat akses pinjaman ke perbankan, dapat memperoleh pinjaman dari FinTech jenis ini. Salah satu startup FinTech yang bergerak di sektor ini adalah Amartha. 

Market Comparison

penjelasan Fintech

Tidak seperti FinTech lainnya yang secara langsung berjualan jasa keuangan, FinTech market comparison memberikan informasi tentang berbagai produk keuangan dari berbagai penyedia jasa. Selain itu, FinTech ini biasanya juga berfungsi sebagai perencana keuangan. Dengan demikian, pengguna FinTech jenis ini dapat merencanakan beberapa pilihan investasi untuk masa depan. Contoh FinTech ini misalnya Finansialku. 

Digital Payment System

penjelasan Fintech

Seperti namanya, FinTech ini menyediakan jasa pembayaran mulai dari transaksi jual beli, tagihan, transfer dana, kartu kredit hingga token listrik. Untuk yang fokus pada layanan pembayaran, mereka akrab kita kenal sebagai e-wallet atau dompet digital. Misalnya, FinTech yang bergerak di bidang ini adalah Gopay, OVO dan masih banyak lagi. 

Selain e-wallet, ada juga FinTech yang membantu mengintegrasikan berbagai FinTech untuk dapat diintegrasikan dalam sistem bisnis online. Startup ini memiliki nama payment aggregator. Salah satunya penyedia jasa ini adalah Durianpay. Dengan layanannya, pebisnis tak perlu lagi mengintegrasikan tiap FinTech payment satu persatu. Cukup integrasikan Durianpay, maka Anda dapat bertransaksi di berbagai e-wallet, bank, hingga pembayaran via toko retail seperti Alfamart dan Indomaret. 


Sesuai dengan definisinya, FinTech menawarkan inovasi layanan keuangan yang sangat membantu para pengguna. Kemudahan dan kepraktisan menjadi kata kunci yang membedakan layanan FinTech dengan lembaga keuangan yang sudah ada. Hanya dengan smartphone, berbagai layanan keuangan sudah bisa kita nikmati. Selain itu, FinTech juga berperan memudahkan akses keuangan bagi masyarakat. Tidak heran, jika kita bilang bahwa kontribusi FinTech dalam ekonomi nasional lumayan besar.