7 Freelance yang Paling Dicari Tahun 2022

Posted by

Peluang kerja freelance saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat karena adanya digitalisasi yang mendorong munculnya bermunculan berbagai pekerjaan baru yang lebih fleksibel. Sehingga menjadi seorang pekerja lepas atau freelance dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan jam kerja yang fleksibel. Cukup berbekal keahlian, relasi dan koneksi internet, Anda sudah bisa menjadi pekerja lepas atau freelance. Lantas, apa saja pekerjaan freelance yang paling banyak diminati saat ini?

1. Content Writer

Rekomendasi pekerjaan freelance pertama adalah Content Writer. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis dan merangkai kata, maka Anda bisa mencoba ide profesi freelance yang satu ini. Tugas seorang Content writer adalah menulis artikel serta mempublikasikannya di website. Pekerjaan Content Writer memang tidak memerlukan modal yang banyak, cukup bermodalkan laptop dan koneksi internet saja. Content Writer biasanya harus membuat tulisan yang menarik serta mampu menggunakan tata bahasa yang benar.

Jika Anda memiliki kemampuan  menulis yang memadai, tak ada salahnya untuk mencoba mencari pekerjaan sebagai penulis freelancer, dengan begitu Anda bisa mendapatkan uang tambahan sekaligus pengalaman bekerja.

2. Desainer Grafis

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok bagi Anda yang senang menggambar dan memiliki kemampuan desain grafis. Saat ini, banyak sektor industri yang membutuhkan Desainer Grafis untuk pemasaran sebuah produk, karena banyak orang yang lebih tertarik dengan visual/gambar daripada teks. Jadi wajar jika banyak orang yang membutuhkan dan rela mengeluarkan anggaran untuk jasa Desainer Grafis. Mereka mampu membuat sebuah logo, ilustrasi, brosur hingga mendesain konten Instagram, sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan.

3. Web Desainer

Pekerjaan freelance yang banyak diminati selanjutnya adalah sebagai Web Desainer. Web Desainer adalah orang yang memiliki keahlian untuk membuat tampilan website menjadi menarik. Mulai dari tata letak informasi, pemasangan banner, efek ilustrasi pada website, tipografi, keseimbangan kontras, dan lain sebagainya. Web Desainer harus membuat desain website dengan pendekatan user experience sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Menjadi freelance Web Designer memang memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Web Desainer tak hanya harus mempunyai kemampuan mendesain yang baik, Web Desainer juga perlu mahir dalam penguasaan HTML, JavaScript dan CSS.  Selain itu Anda juga harus mahir dalam menggunakan aplikasi desain untuk mendesain grafis, seperti Photoshop dan Corel Draw.

Baca Juga: Mobile Payment: Pengertian dan Tren di Indonesia

4. Pengisi Suara

Voice over adalah teknik merekam suara yang dipergunakan untuk sebuah video. Pekerjaan freelance satu ini memang menyenangkan, selama Anda dapat pastikan saja suara Anda sesuai dengan karakter produk. Mengapa demikian?

Pengisi suara harus memiliki kecakapan tertentu dalam melakukan pekerjaannya. Kecakapan dalam menghasilkan suara dengan nada, intonasi, suasana, emosi, hingga pelafalan yang benar. Suara dari seorang pengisi suara  biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti produksi iklan, video game, pembacaan audiobook, instruksi pembelajaranonline, dan lain sebagainya.

5. Videografer/Fotografer

Banyak acara seperti dalam perusahaan, gathering kantor, pembuatan video profil membutuhkan jasa fotografer dan videografer profesional.  

Untuk menjadi fotografer atau videografer, yang perlu Anda pelajari adalah dasar-dasar fotografi seperti sudut pengambilan gambar, pencahayaan, rasio  dan teknis lainnya. Dengan kemampuan tersebut, karya yang Anda hasilkan juga akan memuaskan. Hasil karya fotografi dan videografi inilah yang akan menentukan penghasilan Anda. makin baik hasilnya, makin tinggi pula harga jasa yang bisa Anda terapkan. 

6. Penerjemah

Penerjemah orang yang menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, film dari sumber ke bahasa sasaran. Untuk menjadi seorang penerjemah, Anda harus memiliki kemampuan bahasa yang baik serta menguasai lebih dari satu bahasa. Kemampuan ini dapat membantu para penerjemah untuk bekerja secara profesional.

Banyak sektor yang membutuhkan penerjemah, mulai dari korporasi untuk menerjemahkan dokumen bisnis, penerbit untuk penerjemahan buku, hingga industri kreatif untuk pembuatan subtitle film. 

7. Perencana Keuangan

Pekerjaan freelance selanjutnya adalah sebagai perencana keuangan. Anda membutuhkan pengetahuan dan pengalaman di bidang finansial untuk menekuni pekerjaan ini. Profesi satu ini membantu suatu perusahaan atau individu dalam merencanakan keuangannya untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjangnya.

Banyak bisnis yang membutuhkan pekerja lepas yang berkutat dengan pembukuan, perkiraan arus kas, dan pehitungan pajak. Apalagi pekerjaan freelance ini termasuk dalam pekerjaan yang memiliki bayaran yang tinggi.Itulah beberapa pekerjaan freelance yang paling banyak diminati. Untuk menunjang kelancaran operasional bisnis Anda, dalam hal bertransaksi, Durianpay mampu menyediakan beragam opsi pembayaran yang dapat memudahkan pekerjaan freelance Anda.