Cara Integrasi Pembayaran di Aplikasi Smartphone Maupun Website

Posted by

Pembayaran online melalui aplikasi smartphone kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan. Oleh karena itu, pebisnis online perlu menyediakan opsi pembayaran digital yang dilakukan melalui aplikasi. Dengan demikian, pelanggan dapat leluasa memilih metode pembayaran yang mereka inginkan, mulai dari transfer bank, virtual account, e-wallet, hingga pembayaran via toko retail. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara integrasi pembayaran di aplikasi? Apa iya Anda perlu mengurus integrasi akun bank dan e-wallet satu persatu?

Integrasi Makin Simpel dengan Payment Aggregator

Selain untuk kepraktisan, menghadirkan pihak ketiga  juga dapat memberikan keamanan transaksi yang lebih baik. Pihak penyalur pembayaran ini akan punya sistem untuk memverifikasi akun pelanggan, memastikan jumlah yang pelanggan transfer tepat, hingga memberikan notifikasi jika dananya sudah sampai. Platform yang menyediakan layanan ini memiliki sebutan payment aggregator. 

Seperti namanya, payment aggregator merupakan perusahaan yang mengumpulkan berbagai metode pembayaran. Secara otomatis, pebisnis yang menggunakan jasa ini dapat menerima pembayaran dari berbagai bank dan akun e-wallet meski mereka tidak punya akunnya. Pihak payment aggregator yang punya akun akan menyalurkan dana dari pelanggan ke akun pengguna/pebisnis. Simpel, bukan?

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Dynamic QRIS?

Cara Integrasi Pembayaran di Aplikasi

Integrasi pembayaran di aplikasi

Untuk melakukan integrasi pembayaran di aplikasi, Anda dapat menggunakan layanan Durianpay. Selain integrasi yang mudah, platform ini juga cocok untuk sistem operasi Android maupun IOS. Sebelum mengintegrasikan layanan, pertama-tama, buka website Durianpay.id. Kemudian pelajari berbagai fitur dan layanan yang akan mempermudah sistem pembayaran bisnis Anda. 

Pelajari juga tarif transaksi diberlakukan di tiap channelnya.  Setelah itu, daftarkan bisnis Anda. Setelah mengisi data yang diperlukan, Anda akan masuk ke dashboard. Di dashboard inilah nantinya semua pembayaran, transfer, program promosi hingga subscription dapat Anda kontrol secara terpusat. Pada tahap ini, Anda akan masuk pada mode sandbox, yang mana Anda bebas mencoba semua fitur yang tersedia.

Untuk beralih ke pemakaian yang sesungguhnya, Anda bisa aktifkan akun dan mengikuti langkah yang tersedia. Setelah akun Anda aktif, waktunya untuk mengintegrasikan layanan pembayaran digital pada aplikasi toko online Anda.

Proses integrasi ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Kemudahan ini bisa terjadi karena API modern serta dokumentasi yang lengkap. Pengguna Durianpay pun dapat dengan mudah mengikuti petunjuk dan langkah-langkah integrasi pada dokumentasi tersebut. Anda dapat mempelajari dokumentasi tersebut di sini

Semua integrasi untuk berbagai perangkat langkahnya tertulis pada dokumentasi tersebut. Baik untuk website toko Anda, aplikasi berbasis Android maupun iOS semua bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, untuk keperluan perangkat mobile, Durianpay juga kompatibel dengan Flutter maupun React Native. Untuk Anda yang website toko onlinenya berbasis WordPress, Durianpay juga kompatibel dengan plugin unggulan untuk e-commerce, seperti Woocommerce, Shopify, dan Magento. 

Selain kemudahan tersebut, sebagai pelanggan Anda juga leluasa melakukan custom pada fitur Checkout. Misalnya, Anda hanya ingin mengintegrasikan e-wallet saja, atau hanya ingin mengintegrasikan pilihan bank tertentu saja. Semuanya terserah Anda, sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Itulah cara integrasi pembayaran digital, baik melalui website maupun melalui aplikasi. Untuk mengetahui informasi lengkapnya silahkan masuk ke laman dokumentasi Durianpay. Jika butuh bantuan dalam mengintegrasikan Durianpay, segera hubungi kami!