Bisnis Lancar Saat Ramadhan

5 Trik Bisnis Berjalan Lancar Selama Ramadhan

Posted by

Ramadhan adalah bulan dimana tingkat konsumsi masyarakat meningkat drastis. Hampir semua jenis produk dibutuhkan. Mulai dari fashion, sembako, perlengkapan rumah tangga, hingga kuliner, semuanya mengalami kenaikan permintaan. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk selalu memberikan produk terbaiknya dalam jumlah yang besar. Mereka berlomba-lomba mengambil hati masyarakat dengan berbagai cara untuk bersaing. Lalu bagaimana cara agar bisnis selama ramadhan berjalan lancar? 

Berikut lima trik yang bisa membantu usahamu tetap berjalan sukses selama bulan ramadhan.

1. Memanfaatkan Peluang

Selama bulan ramadhan pola hidup masyarakat sedikit banyak akan mengalami perubahan, utamanya dalam hal konsumsi. Moment ini harus dimanfaatkan betul untuk membangun bisnis berkelanjutan, bukan hanya bisnis musiman. Walaupun tingkat konsumsi dipastikan tinggi pada bulan ini, namun sebagai pelaku usaha yang baik, rasanya perlu untuk memastikan target pasar yang tepat. Agar selepas dari bulan ramadhan kita tidak kebingungan menentukan target pasar kita. 

Apapun produk yang kita tawarkan pada pelanggan, pastikan untuk menonjolkan unsur keluarga didalamnya. Mengapa demikian? Karena bulan ramadhan juga bisa dianggap sebagai bulan keluarga. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama pada bulan ini seperti makan sahur dan berbuka bersama. Sehingga apabila dalam bisnis kita pada bulan ramadhan ini menonjolkan unsur kekeluargaan akan lebih mengena di hati masyarakat. 

2. Upgrade Tampilan Bisnis

Mengubah tampilan tempat usaha kita selama bulan ramadhan mencerminkan sikap tanggap kita dalam menyambut dan mempersiapkan produk kita untuk bulan penuh berkah ini. Hal ini menunjukkan sikap toleransi kita terhadap umat muslim untuk sama-sama memeriahkan bulan ramadhan. Baik itu perusahaan, toko, ataupun e-commerce kita, usahakan semua memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.  Pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam berbelanja karena nuansa baru yang kita berikan tepat pada waktunya. 

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan dengan Gift Card Ramadhan

3. Promosi Iklan 

Pada bulan ramadhan masyarakat cenderung lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga untuk menunggu waktu berbuka dan sahur bersama. Seperti yang biasa kita saksikan selama bulan ramadhan di televisi akan menampilkan banyak iklan produk yang membawa unsur muslim didalamnya. Hal ini adalah strategi perusahaan untuk membuat masyarakat merasa lebih dekat dengan produk yang kita tawarkan.  Selama ini media promosi konvensional beriklan di Televisi adalah yang paling efektif dibandingkan dengan beriklan di media-media yang lain. Namun, kita juga tetap bisa mempromosikan produk kita menggunakan media promosi digital seperti youtube, instagram, twitter, facebook, atapun platform media lainnya. Semakin banyak media yang kita gunakan untuk promosi, maka semakin besar kemungkinan orang yang akan melihat promosi iklan kita. 

strategi bisnis saat ramadhan

4. Mengatur Jam Operasional 

Sebagai pelaku usaha, kita harus pandai membaca kapan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan, mengadakan promosi, ataupun bagi-bagi voucher toko kepada pelanggan agar tindakan kita menjadi lebih efektif dan efisien. Umumnya pada bulan Ramadhan masyarakat cenderung melakukan transaksi pada jam-jam mendekati waktu berbuka puasa dan pada pukul 2 dini hari  hingga menjelang subuh. 

Dengan mengatur jam operasional yang tepat pada bulan ramadhan, kita juga dapat memaksimalkan kinerja karyawan sesuai pada waktu yang dibutuhkan. Membuat perencanaan waktu kerja yang lebih fleksibel agar produktivitas karyawan tak terganggu ketika menjalankan ibadah puasa. 

5. Branding Image 

Bulan ramadhan adalah waktu yang tepat bagi pelaku usaha untuk membangun citra merek yang lebih baik lagi dihati pelanggan. Dengan usaha-usaha yang telah kita lakukan dalam menyambut bulan ramadhan sebagaimana yang tertulis diatas, ditambah dengan THR dan pemberian hadiah kepada pelanggan setia saat mendekati hari raya. Tentunya akan menarik pelanggan baru untuk membeli produk kita dan menjaga hubungan kita terhadap pelanggan lama. 

—-

Usaha yang saat ini kita jalankan harusnya berprospek jangka panjang. Tidak terhenti pada bulan ramadhan saja, atau usaha musiman. Penjualan dan pendapatan dibulan ini bisa menjadi acuan  dan evaluasi bagi usaha kita di bulan-bulan berikutnya agar kita bisa lebih produktif lagi sehingga bisa meningkatkan jumlah pendapatan. Durianpay akan membantu usaha Anda lebih mudah dalam melakukan transaksi dengan aman dan nyaman. Segera integrasikan Durianpay pada toko Anda!