5 Tips untuk Tingkatkan Penjualan Selama bulan Ramadhan

Posted by

Sebagai bulan yang spesial, Ramadhan selalu memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya, tingkat konsumsi masyarakat meningkat. Hal ini merupakan peluang menarik yang tidak bisa dilewatkan oleh pengusaha. Sebagai pengusaha yang menjajakan dagangannya secara online, Anda pun tidak boleh melewatkan peluang ini. Perlu ada strategi khusus agar bisnis online ramadhan benar-benar bisa menghasilkan keuntungan. Bagaimana caranya, ini dia 5 tips meningkatkan penjualan selama bulan Ramadhan. 

Pastikan Stok Aman

Sebelum melakukan strategi promosi,  Anda perlu memastikan bahwa stok dagangan aman. Bayangkan jika penjualan sudah meningkat, tapi barang terbatas. Tentu, strategi Anda jadi sia-sia. Jika perlu Anda tambahkan stok daripada biasanya, apalagi jika produk-produk Anda merupakan kebutuhan pokok, maupun kebutuhan pendukung bulan Ramadhan. Bisnis online memerlukan stok yang cukup sebelum Anda memulai melakukan campaign. 

Berikan Promo Diskon & Bundling

check out

Sebagai cara untuk menarik pelanggan, diskon selalu jadi cara ampuh. Sediakan budget memberikan diskon pada pelanggan setia. Khususnya pada produk-produk dengan peminat yang tinggi. Untuk produk yang berkaitan dengan bulan Ramadhan ataupun lebaran, sudah pasti perlu diberikan diskon juga. Dengan cara ini niscaya, angka penjualan produk Anda akan meningkat. 

Selayaknya program diskon, bundling produk juga selalu menarik untuk dilirik. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi  selama Ramadhan hingga Lebaran, membuat pelanggan harus putar otak untuk memenuhinya. Apalagi semuanya harus dipenuhi dalam waktu yang bersamaan. Program bundling akan menarik minat pelanggan-pelanggan Anda. Dengan membeli satu barang, mendapat dua atau lebih barang yang mereka butuhkan.

Baca juga : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Payment Gateway dan Payment Aggregator!

Pastikan Pembayaran Bisnis Online Ramadhan Lancar

Diakui atau tidak, proses pembayaran dalam bisnis online sangat menentukan. Percuma produk bagus dan diminati, tapi proses pembayaran sering macet, dana transfer terhambat, atau pilihan pembayarannya terlalu sedikit. Tentu hal ini membuat pelanggan tidak nyaman. Anda bisa saja minta maaf dan memberi kompensasi pada pelanggan, tapi jika terjadi terus menerus, hal ini akan jadi bencana. 

Gunakan payment aggregator unggulan, seperti Durianpay, maka proses pembayaran di toko Anda akan lancar. Proses integrasinya pun mudah, hanya dalam hitungan menit Anda sudah dapat menerima pembayaran dari e-wallet, bank, hingga transfer via toko retail. Anda pun dapat mengirim uang secara leluasa hanya dari satu akun. 

Hadirkan Nuansa Ramadhan 

Bisnis online ramadhan tidak selalu harus berkaitan langsung dengan bulan Ramadhan ataupun lebaran. Anda bisa menghadirkan nuansa ramadhan pada produk-produk yang Anda jual. Misalnya, Anda jual handphone. Nah, Anda bisa membuat campaign ramadhan dengan pesan bahwa saat Ramadhan adalah saat tepat merekatkan hubungan. Hubungan ini bisa makin lancar dengan kecanggihan smartphone yang Anda tawarkan. 

Kolaborasi 

Saat ini, kolaborasi menjadi hal yang lumrah di kalangan pebisnis. Untuk mencapai tujuan bersama, kolaborasi bisnis tentu menjadi hal yang menarik. Anda bisa membuat campaign bersama pengusaha yang produknya menjadi pelengkap produk Anda. Misalnya, Anda bisnis baju busana muslim. Nah, selama ramadhan dan lebaran, kolaborasi bersama pedagang peci ataupun sajadah bisa Anda lakukan. Misalnya, dengan membeli baju A, maka ia akan mendapat peci. Ataupun sebaliknya. Melakukan program bundling juga jadi opsi yang menarik. 

—-

Tentu masih ada tips lain untuk meningkatkan penjualan selama bulan Ramadhan. Tapi dengan melakukan 5 tips ini, Anda sudah memulai langkah yang tepat. Perbanyak stok, beri diskon, program bundling, berikan nuansa ramadhan, hingga kolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya akan jadi formula efektif untuk meningkatkan penjualan.