5 Ide Bisnis Online Bulan Ramadhan yang Anda Coba

Posted by

Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Sebagai negeri mayoritas muslim, bulan Ramadhan di Indonesia tak cuma menyajikan nuansa bersahaja, tapi juga bertabur kegembiraan. Tidak heran jika konsumsi masyarakat saat bulan Ramadhan cenderung meningkat. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Uniknya, saat ini kita masih akan melalui Ramadhan dalam masa pandemi, jadi semuanya masih serba online. Jadi, diperlukan ide bisnis online bulan Ramadhan yang prospeknya cerah. Apa saja ide bisnis online bulan Ramadhan yang bisa Anda lakukan?

Kuliner Ramadhan

Saat Ramadhan, banyak bazar makanan buka puasa yang ada di setiap sudut kota maupun pemukiman. Nah, pada momen ini makanan khas yang hanya muncul saat Ramadhan banyak dicari. Fakta ini dapat menjadi ide bisnis online bulan Ramadhan. Anda bisa berjualan kolak, es campur, sayuran matang, hingga kurma. 

Tentu, meski bisnis Anda berjalan secara online, Anda tidak harus berjualan di e-commerce. Karena kuliner ramadhan termasuk barang yang fast moving, jadi harus segera habis. Anda bisa gunakan grup WhatsApp komplek atau teman-teman Anda. Untuk mengurangi risiko kerugian, Anda juga bisa menggunakan metode pre-order. 

Hampers/Parcel

Ide bisnis online bulan Ramadhan selanjutnya adalah hampers atau parcel. Sudah jamak di masyarakat kita untuk saling mengirimkan sesuatu, mulai dari makanan, buah-buahan, kebutuhan lebaran hingga souvenir. Anda tidak boleh menyia-nyiakan peluang ini. Meski musiman, bisnis hampers/parcel terbilang menjanjikan. Nyatanya, setiap menjelang lebaran, hampers bertebaran.

Mulailah dengan menghubungi supplier barang-barang untuk isian hampers. Anda bisa menggunakan sistem invoice, agar nanti bisa dibayar setelah hampers Anda laku. Kemudian, Anda juga perlu mempelajari cara membungkus hampers yang atraktif. Ingat! Anda tidak berjualan barang, tapi hampers atau paket hantaran. Jadi, harus dikemas semeriah mungkin. Jangan lupa juga untuk memasarkan bisnis hampers pada kerabat, kolega, teman kantor, atau bahkan memasang iklan di media sosial. 

Kue Lebaran

Kebahagiaan dan kemeriahan tidak berhenti sampai hampers. Kue lebaran juga menjadi komoditas yang laku saat ramadhan, khususnya hari-hari terakhir ramadhan. Tanpa kue-kue sebagai suguhan, lebaran terasa hambar dan minim keceriaan. Orang-orang menetapkan kue lebaran, sebagai daftar kebutuhan yang harus dipenuhi saat lebaran. 

Bisnis ini tentu cocok Anda yang punya passion membuat kue. Kapan lagi menjalankan hobi dan capat keuntungan. Inilah saatnya! Selain itu, karena ini adalah ide bisnis online bulan Ramadhan yang sifatnya musiman, Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama ataupun bisnis utama. Jadi bagaimana? Tertarik berbisnis kue lebaran?

Fashion Ramadhan/Lebaran

Ide bisnis online bulan ramadhan

Sebagai hari spesial yang penuh kebahagiaan, wajar jika banyak orang ingin menggunakan pakaian terbaiknya. Dari anak-anak sampai orang dewasa senang menggunakan baju-baju baru khas lebaran. Baju fashion khas lebaran ini eksis mulai ramadhan, saat lebaran, hingga beberapa pekan setelah lebaran. Jadi, waktu yang cukup prospektif untuk berbisnis. 

Ide bisnis online bulan Ramadhan yang satu punya keunggulan dibanding mereka yang berjualan secara offline. Sudah pasti banyak orang berdesakan memilih baju untuk lebaran, dengan belanja online mereka tinggal klik dan pilih baju yang mereka suka. Anda bisa memulai dengan jauh-jauh hari, agar ada waktu untuk promosi dan mengajak para pembeli, mendapatkan produk Anda. 

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Online untuk Pemula

Ide bisnis online bulan ramadhan

Jasa Rental Kendaraan

Berbeda dengan hari besar lainnya, lebaran atau Idul Fitri tidak hanya meriah di dalam satu hari tapi, hingga 7 hari. Dalam kurun waktu inilah, masyarakat saling berkunjung ke orang tua, pergi pulang kampung, atau bersilaturahmi ke sanak saudara dan para kolega. Tidak jarang semua anggota keluarga juga diajak untuk ikut bersilaturahmi bersama. Untuk keperluan ini, tentu dibutuhkan kendaraan yang bisa mengangkut anggota keluarga. Dan ide bisnis online bulan Ramadhan yang cocok adalah rental kendaraan. 

Meski terpakai saat lebaran. Anda bisa memulai saat lebaran. Apalagi jika mobil Anda menganggur selama pandemi, ini kesempatan emas. Anda bisa mulai menawarkan jasa rental pada kenalan terdekat semenjak bulan ramadhan. Bisa jadi, selama bulan Ramadhan pun mereka butuh jasa rental Anda. Jangan khawatir bersaing dengan jasa transportasi online, karena yang Anda punya keunggulan yakni pelayanan yang ramah karena Anda mengenal penumpang-penumpang Anda. Begitupun sebaliknya, mereka mengenal Anda. Hal ini akan memberikan kenyamanan tersendiri. 


Itulah berbagai ide bisnis online Ramadhan yang menarik untuk Anda coba. Pilih bisnisnya sesuai dengan passion, kemampuan, dan sumber daya yang Anda punya. Siapa tahu dengan mencoba bisnis musiman ini, Anda malah bisa menekuninya menjadi bisnis besar yang sukses. Selamat mencoba!