beautiful cryptocurrency concept

Sistem Payment API: Pengertian, Dan Cara Kerjanya!

Posted by

Transaksi pembayaran semakin rmudah dengan adanya teknologi, seperti e-commerce maupun website yang menyediakan layanan pembayaran non-tunai (cashless). Tentunya sistem pembayaran tersebut harus melewati beberapa proses hingga transaksi berhasil. Namun,  tahukah Anda bahwa hambatan yang dialami user saat pembayaran menyebabkan mereka terhenti dan tidak melanjutkan transaksi? Alhasil, pembayaran tidak terlaksana sertai memicu kerugian bagi bisnis Anda. Jika demikian, Harus bagaimana? pernah dengar istilah payment API?

Apa itu Sistem Payment API?

Permasalahan tersebut bisa teratasi dengan memanfaatkan sistem payment API. Application Programming Interface (API)  merupakan inovasi dan pengembangan software yang mendukung berbagai aplikasi berbeda melakukan penukaran data. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengintegrasikan berbagai aplikasi yang berbeda. Apabila diterapkan pada sistem transaksi, API memungkinkan sebuah bisnis untuk mengatur dan meringkas sistem pembayaran. Dengan cara ini, penjual dan pembeli dapat melewati proses transaksi secara efektif dan cepat. 

Payment API memiliki kemampuan untuk menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap dan tentunya mempermudah calon pembeli untuk menyelesaikan transaksi. Artinya, sebuah bisnis bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit, akun bank, kartu debit, hingga dompet digital. Anda dapat memperluas metode pembayaran dan melakukan transaksi tanpa batas. Tentu saja kemudahan ini menjadi incaran banyak pebisnis untuk meningkatkan angka transaksi. Payment API juga dimanfaatkan untuk menelusuri history transaksi, informasi pembayaran secara detail, dan lain sebagainya. 

Sistem payment API

Keunggulan Sistem Payment API 

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa keunggulan menggunakan payment API adalah mempermudah merchant mengatur sistem pembayaran. Calon pembeli tidak membutuhkan banyak waktu karena sistem tersebut mendukung one-time payments. Singkatnya, payment API mampu mengintegrasikan berbagai alat dan aplikasi pembayaran yang berbeda menjadi satu jalan. Pengguna memiliki kebebasan untuk memperbanyak metode bayar dan keunggulan ini bermanfaat meningkatkan transaksi bisnis. Saking mudahnya, calon pembeli tidak perlu repot saat menyelesaikan pemesanan produk. Berikut keunggulan payment API lainnya:

  • Transaksi tanpa batas
  • Meningkatkan customer experience
  • Sistem keamanan yang terjaga
  • Solusi pembayaran untuk semua bisnis 
  • Menyediakan layanan super cepat kepada pelanggan

Kemudahan tersebut mencegah terjadinya pembatalan pemesanan akibat banyak pelanggan menganggap proses pembayaran yang rumit. 

Sistem payment API

Cara Kerjanya Payment API

Secara singkat, cara kerja payment API terjadi saat calon pembeli tertarik dengan produk yang dan berminat untuk membeli. Otomatis calon pembeli mengirimkan data pembayaran ke website/aplikasi merchant untuk kemudian diproses melalui pihak ketiga, yakni  payment gateway ataupun payment aggregator. Payment provider merupakan sistem  transaksi online yang memiliki otoritas untuk memproses pembayaran dalam bentuk pembayaran apapun, seperti e-wallet, bank digital, akun bank, hingga kartu debit/kredit. Setelah mendapatkan respon dari payment provider, payment API memberikan notifikasi kepada pembeli bahwa pembayaran berhasil.

Tahukah Anda, Perbedaan Payment Gateway & Payment Aggregator?

Banyak orang menganggap mengintegrasikan berbagai metode pembayaran lebih rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, dengan adanya payment API, mengintegrasikan bermacam-macam metode pembayaran menjadi mudah. Satu integrasi menghasilkan berbagai metode bayar untuk bisnis Anda. Mudah bukan?

Anda bisa langsung mengintegrasikan website Anda dengan payment API Durianpay. Hanya dengan satu kali integrasi, berbagai metode bayar pun bisa langsung Anda gunakan untuk menerima pembayaran. Durianpay merupakan solusi bagi Anda yang ingin menyediakan metode pembayaran yang lengkap, baik menggunakan website maupun tanpa website. Bahkan bisnis Anda mampu menerima pembayaran dari gerai/retail serta memiliki sistem refund yang mudah dan aman.  Biaya integrasi murah, transaksi semakin cepat, dan mendukung bisnis online maupun offline. Kemudahan dalam bertransaksi menciptakan kenyamanan bagi pelanggan dan menunjang bisnis Anda.  Anda tertarik menggunakan layanan kami? Dapatkan informasi terbaru mengenai integrasi pembayaran di sini. Selamat mencoba!