Apa itu Split Payment dan Mengapa Bisnis Online Perlu Menerapkannya?

Posted by

Pembayaran menjadi tahapan krusial dalam sebuah transaksi online. Proses pembayaran yang seamless, punya beragam pilihan kanal, dan tanpa hambatan merupakan impian setiap pelaku bisnis online. Selain memperlancar arus dana masuk, pembayaran yang seamless juga memberikan kenyamanan maksimal bagi pembeli. Dalam bisnis online, kenyamanan menjadi magnet yang akan menarik pembeli untuk terus datang lagi. 

Salah satu fitur pembayaran yang dapat meningkatkan kenyamanan pembeli adalah split payment. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk membayar belanjaan dari berbagai platform pembayaran. Sebenarnya apa itu split payment? 

Apa itu Split Payment?

Seperti namanya, split payment merupakan suatu pembagian cara bayar yang menggunakan lebih dari satu cara pembayaran. Dengan kata lain, satu transaksi diselesaikan dengan berbagai metode pembayaran. Pada awal perkembangannya, split payment dipraktekkan dalam pembayaran dengan kartu kredit, debit, & uang tunai.

Kini, split payment digunakan banyak digunakan pada sistem pembayaran digital. Meski banyak payment gateway yang memungkinkan e-commerce ataupun online shop menerima berbagai jenis pembayaran, ternyata sangat sedikit yang bisa menyediakan fasilitas pembayaran split payment. Apalagi, jika pilihan metode pembayaran pada payment gateway tidak lengkap. Bagaimana mau split payment, jika metode split payment hanya itu-itu saja. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan mengingat split payment punya banyak keunggulan. Bagaimana gambaran praktik fitur ini?

Misalnya, ada pelanggan yang biasa membayar dengan e-wallet “Ojek Pay” sebesar Rp 1.500.000. Kebetulan di bulan ini ia memesan barang lebih banyak, sehingga harus membayar sebesar Rp 2.000.000. Namun, saldo Ojek Pay-nya kurang. Dengan split payment Durianpay, hal ini tidak jadi masalah, karena berbagai metode pembayaran tersedia di dalamnya. 

Sistem Durianpay akan memberi pilihan bagi pelanggan untuk memilih sendiri metode bayar untuk menutup jumlah uang yang kurang. Pelanggan bisa membayar dengan Virtual Account, kartu debit ataupun kartu kredit. Bayangkan, jika pilihan yang tersedia hanya e-wallet, tentu kekurangan Rp 500.000, akan sulit terbayar, bahkan gagal. Durianpay adalah solusi untuk mengatasi masalah ini. Transaksi lancar, pelanggan nyaman, Anda pun cuan!

Baca juga : Perlukah Anda Menyediakan Metode Pembayaran Virtual Account?

Keunggulan Split Payment

Split Payment

Ada banyak keunggulan jika bisnis Anda menerapkan fitur ini. Pertama, fitur ini akan memudahkan distributor produk Anda. Sebagai pihak yang sering melakukan transaksi, distributor biasanya punya banyak metode pembayaran. Hal ini mengakibatkan saldo mereka juga tersebar di berbagai dompet digital maupun akun bank. Setidaknya, mereka punya dua akun, satu di bank dan kedua di dompet digital. Dengan demikian, pembayaran Anda terima dari mereka akan lebih lancar. 

Kedua, fitur ini akan meningkatkan penjualan. Mengapa demikian? Pembeli akan senang dan cenderung memilih toko online yang tidak mempersulit pembayaran. Bisa jadi, pembeli punya berbagai saldo yang tersebar di berbagai dompet digital. Dengan adanya fitur ini, para pembeli tersebut akan jauh lebih nyaman.

Ketiga, fitur ini mendukung berbagai model bisnis. Tak cuma cocok diterapkan untuk bisnis berbasis perdagangan, fitur ini cocok untuk model bisnis lain. Misalnya, layanan berlangganan yang dapat melakukan auto debet pada rekening dan dompet digital yang sudah terdaftar.

Keempat, dari sisi pembeli, fitur ini akan memudahkan mereka untuk segera memiliki barang. Ini bisa terjadi jika toko Anda bekerja sama dengan platform paylater. Mereka bisa bayar dengan uang yang mereka punya dan sisanya mereka bisa mencicil melalui paylater yang ada di toko Anda. Menarik, bukan? Fleksibilitas ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pembeli. 

Mengapa Bisnis Online Perlu Menyediakan Fitur Ini?

Mengingat berbagai keunggulan fitur ini, Anda perlu menerapkan spill fitur ini akan menjadikan bisnis makin sukses. fitur ini terbukti mampu memberikan kenyamanan bagi distributor dan pembeli. Mereka jadi punya pilihan yang lebih banyak untuk menyelesaikan transaksinya. Fleksibilitas adalah kunci yang akan memberikan kenyamanan transaksi. 

Segera terapkan fitur ini pada toko Anda melalui layanan Durianpay. Tentu penerapan fitur ini akan lebih mudah karena di tersedia metode pembayaran yang lengkap melalui Durianpay. Pelanggan Anda akan leluasa memilih membayar dari akun bank manapun maupun dompet digital apapun. Selamat mencoba!